Video Pidato Proklamasi Kemerdekaan 1945

Pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 pukul 08.00 WIB, Ir. Soekarno tertidur pulas dikamarnya, Jalan Pegangsaan Timur 56 Cikini. Beliau terkena gejala malaria tertian. Suhu badannya meninggi dan terlihat lelah kurang tidur dalam beberapa hari bersama para sahabat-sahabatnya menyusun konsep naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia ditempat kediaman Laksamana Muda Maeda.

Pukul 09.00 WIB, Ir. Soekarno terbangun dan berganti pakaian serba putih dan segera menemui Mohammad Hatta. Tepat pada pukul 10.00 WIB, keduanya berjalan menuju serambi rumah dan mengumandangkan proklamasi kemerdekaan Indonesia ke seantero pelosok negeri dan revolusi Indonesia telah dimulai.

Bendera merah putih yang dijahit sendiri oleh ibu Fatmawati, kain putih berasal dari kain seprei tempat tidur dan kain merah dari kain tukang soto mulai dikibarkan di iringi nyanyian lagu Indonesia Raya oleh para patriot-patriot Indonesia tanpa di iringi konduktor, alat music dan pancagram. Bendera merah putih hanya di kibarkan melalui sepotong bambu kasar yang ditanam beberapa saat sebelum acara dimulai, dengan menggunakan katrol dari cangkir bekas minum sahur Mohammad Hatta. Dan inilah upacara sacral yang ditunggu-tunggu bangsa Indonesia selama hampir tiga setengah abad lamanya.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945
Atas Nama Bangsa Indonesia

Soekarno-Hatta

Demikianlah saudara-saudara!

Kita sekarang telah merdeka!

Tidak ada satu ikatan lagi yang mengikat tanah air kita dan bangsa kita!

Mulai saat ini kita menyusun Negara kita! Negara Merdeka, Negara Republik Indonesia – merdeka kekal dan abadi. Insyaallah, Tuhan memberkati kemerdekaan kita itu!

Dirgahayu RI ke-68. Merdeka!

Baca juga: Wawancara Bung Karno tentang G30SPKI

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *